Unsam adakan kegiatan online lecture HKI dan paten

Tim Pengelola Pusat Karir dan Kewirausahaan Universitas Samudra Melaksanakan Kegiatan Online Lecture: Strategi mendapatkan HKI dan Pengajuan Paten (Hak Cipta, Paten, Merek, Rahasia Dagang, dan Desain Industri) pada tanggal 3 Desember 2020, bertempat di Ruang Rapat TIK Universitas Samudra.

 Kegiatan Online Lecture ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa Universitas Samudra.  Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini adalah: Prof. Dr. Sri Atun dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Fitri Marisa, S.Kom, M.Pd, PhD cand. dari Universitas Widyagama Malang.

 

Dalam sambutannya, Koordinator Pusat Karir dan Kewirausahaan Dr. Agus Putra AS, S.Pi, M.Sc menyampaikan bahwa “Sebagaimana kita ketahui bahwa Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Paten adalah hak dasar yang dimiliki seseorang berkaitan dengan intelektualitas yang meliputi akal atau rasio manusia yang harus dihormati dan dihargai oleh manusia lainnya. Seseorang yang telah mencurahkan usahanya untuk menciptakan atau menghasilkan karya intelektual tentu mempunyai hak alamiah untuk memiliki dan mengontrol segala yang telah diciptakan atau dihasilkannya.”

Ia menambahkan “bahwa negara-negara yang dikategorikan negara maju rata-rata memiliki produktivitas paten dua kali lipat dibandingkan dengan publikasi ilmiahnya di jurnal internasional. Sebagai contoh, China menghasilkan 1.245.709 paten, sedangkan publikasi ilmiah di jurnal internasionalnya sebanyak 535.896. Oleh karenanya, untuk mengikuti tren negara maju merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi bangsa kita”.

Sebelum menutup kegiatan online lecture ini, moderator acara Nursamsu S.Pd, M.Pd mengingatkan bahwa “dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan, selain dapat meningkatkan pemahaman peserta terhadap HKI dan Paten, juga diharapkan dapat memotivasi peserta untuk tetap berkarya sekaligus untuk mendaftarkan hasil karya intelektualnya di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian hukum dan HAM RI. (Humas Unsam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *